Rabu, 04 Mei 2011

Boyband Lama Vs Boyband Baru

kali ini aku akan posting tentang Boyband-boyband yang kini tengah meramaikan dunia Industri musik indonesia.Boyband bukanlah hal baru di dunia industri musik Indonesia ,pada Era 80an dan  90an terdapat beberapa Boyband yang cukup populer di Jamannya yaitu ME,Coboy,Trio libels,Cool colour.setelah beberapa tahun Boyband sudah tidak eksis Di dunia Industri musik Indonesia ,namun pada tahun 2010 Boyband baru kembali menggebrak Dunia Industri musik Indonesia yaitu SM*SH,Max 5,Treeji,3in1, dan NSG Star.
tapi kali ini aku ga akan membahas semua Boyband ,tapi aku cuma akan membahas boyband Trio libels,Coboy,SM*SH,dan Max 5.
yaudah ga usah panjang lebar ini dia liputannya..
aku akan membahas Boyband ang lama dulu nih,Check This Out:


1.Coboy
Ketika demam boyband mulai melanda industri musik dunia, Indonesia rupanya tidak mau kalah. Maka di awal 90an muncullah sederet kelompok vokal yang umumnya berisi cowok-cowok ganteng dengan mutu vokal yang tidak harus luar biasa. Tercatat ada nama-nama seperti HIT HOT, CATWALK, S’RING, COOL COLORS, dan tentu saja COBOY. Nama yang disebut terakhir ini sempat melejit ketika merilis album kedua COBOY yang menghasilkan superhit mereka KATAKANLAH. Kelompok yang digawangi oleh ALI, GILBERTH, FERRY dan PONCO ini memang termasuk boyband Indonesia yang paling eksis dimasanya. Boyband lainnya kebanyakan hanya sekilas muncul lalu terlupakan, tapi Coboy sanggup menghasilkan beberapa album dengan penjualan yang lumayan. Prestasi ini mungkin hanya bisa disamai oleh Cool Colors yang juga sama-sama eksis. Album BIARKAN ORANG BICARA agak beda dengan album-album sebelumnya yang selalu menampilkan single andalan lagu-lagu upbeat. Di album ini mereka justru mengandalkan lagu slow, boleh jadi karena usia mereka yang mulai bertambah dan tidak ‘selincah’ dulu ketika masih tampil dengan koreografi untuk lagu-lagu upbeat. Entah karena muncul dengan lagu slow atau memang karena hal lain, album ini tidak seberhasil album kedua mereka yang fenomenal itu. Lagu Biarkan Orang Bicara hanya sebentar menjadi radio hits dan tidak berhasil menjadi hits besar.
2.
Trio Libels adalah kelompok vokal yang digawangi oleh Ronny Sianturi, Edwin Manansang, dan Yani. Kelompok vokal ini mulai dikenal luas pada dekade tahun 1980an. Nama Libels berasal dari nama sekolah dari anggota Trio Libels, yaitu SMA Negeri 15 Jakarta yang disingkat menjadi Libels.
Diskografi

* 1989 – Gadisku
* 1990 – Aku Suka Kamu
* 1990 – Jerat Jerat Cinta
* 1992 – Bila Itu Maumu
* 1995 – Hanya Untukmu
* 1995 – Jangan Kau Pergi
* 1996 – Cinta Pertama
* 2010 – Life Is Beautifulll

Nah Setelah kurang lebih vakum selama 10 tahun dari dunia musik Indonesia Trio libels dan coboy muncul kembali untuk memeriahkan dunia musik Tnah Air.mereka akan merilis beberapa lagu baru tapi aku belum tau kapn akan di rilisnya..
haha..

yang ke 2 aku akan membahas Boyband-Boyband ang masih fresh nih,ini dia SM*SH dan Max 5.

1.SM*SH




SM*SH atau singkatan dari Seven Man As seven Hero Adalah salah satu boyband indonesia yang sedang di gandrungi oleh para remaja khususnya remaja putri di Indonesia. pada awal kemunculannya boyband yang satu ini sudah menuai banyak kontroversi diantaranya adalah Boyband plagiat .SM*SH dianggap sebagai Plagiat karena namanya sama dengan Boyband asal Korea selatan yang bernama sama Yaitu SMASH.dari segi nama memang sama,kalau dari segi gaya SM*SH diangap meniru Gaya SUJU dan satu lagi ni yang menyebabkan mereka dianggap sebagai plagiat yaitu single mereka yang berjudul I heart You mirip dengan Lagu Baby dari Justin Bieber dan lagu Without you yang di bawakan oleh Boyband asal Korea selatan yaitu 1TYM .
yaudah deh Tak perlu menyamakan mereka dengan Yang lainnya,tapi emang mirip sie.
haha...
SM*SH ( read it smash ) , itulah nama mereka . Boy Band asli Indonesia dengan anggota sebanyak 6 orang, sehingga nama mereka, SM*SH pun singkatan dari Seven Man As SIx Heroes, 7 orang sebagai 7 pahlawan . Pemateri saat itu yang tak lain adalah senior kami, memulai materi dengan menampilkan beberapa video yang diakhiri dengan video single mereka, I heart you.
Pertama kali menonton video klip ini langsung terpikir, korean wannabe . Style yang dibawakan oleh setiap personelnya, kemudian dance-dance yang dilakukan pun semuanya sepertinya meniru gaya-gaya boyband korea yang sudah tak asing lagi ditelinga orang Indonesia, seperti halnya Super Junior . Namun sepetinya mereka kurang bisa meniru boyband-boyband korea tersebut dengan baik dan benar, dance-dance yang dilakukan pada video klip tersebut terlihat kurang kompak, sangat berbeda dengan apa yang ditunjukkan oleh boyband korea .
Satu lagi yang menjadi perhatian saya adalah masalah nama. SM*SH , yang dibaca SMASH ternyata tak lain adalah nama salah satu boyband yang cukup terkenal di korea yang memulai debutnya pada tahun 2008 . Dengan penamaan yang sama, tentunya semakin menambah daftar panjang band Indonesia yang melakukan penjiplakan terhadap karya band-band luar negeri. Dan saya berfikir bahwa munculnya boyband ini memanfaatkan potensi pasar para penggemar boyband yang semakin besar seiring semakin terkenalnya boyband korea dinegeri ini, sehingga mereka pun menggunakan style dan nama yang sama dengan apa yang di tampilkan oleh boyband-boyband  asal korea . Jadi, apakah boyband ini akan bertahan menghadapi dahsyatnya persaingan industri musik di Indonesia ? mari kita nantikan kiprah mereka  .





2.Max 5

Dalam hitungan bulan datang muncul boyband-boyband lain, seperti Treeji dan kali ini Max 5. Boyband Max 5 diisi oleh Ficky, Bayu, Fendi, Reggie dan Taufik.

Merasa ‘panas’ nih melihat Sm*sh ternyata sukses melambungkan kembali aura boyband di Indonesia?

“Sebenarnya enggak panas, biasa saja sih. Gak panas ya cuma gerah-gerah dikit gitu.Hahaha. Kalau nganggap rival atau musuh enggak, kita bersaing sehat di boyband ini. Kita bisa berdampingan sama mereka,” tutur Ficky didampingi personel Max 5 lainnya saat berbincang dengan wartawan di komplek Menara Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Ficky menuturkan, grup boyband Max 5 yang kini berada di bawah payung Hits Record sebetulnya lebih dulu hadir dibanding ‘rivalnya’ boyband asal Bandung, Sm*sh.

“Sebenarnya kita sudah ada 6 bulan sebelum Sm*sh keluar, kita memang ingin cepat ngeluarin single, gara-gara kita selalu pergantian personel itu dan karena ada waiting list dari manajemen. Kemarin terhambat karena ada artis di kita juga yang mau rilis dulu,” lanjut Ficky.


Nah menurut kamu bagusan yang mana nih antara Boyband Lama dengan Boyband Yang Baru,
kalo aku si ga tau lah..
haha....

Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda